Selaswara Gelar Mini Workshop, Bahas Jurnalistik Dasar untuk Umum

Selaswara.com, Pringgasela — Pengurus media Selaswara.com menggelar mini workshop bertajuk “Emang Dasar! Dasar Kamu! Jurnalistik Dasar” pada Sabtu (28/10/2023) sore. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui Jitsi Meet. Tujuan dari diadakannya pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman pengurus Selaswara tentang kerja jurnalistik, serta memberikan kesempatan bagi teman-teman selaswara dan masyarakat umum yang tertarik untuk belajar soal kerja-kerja jurnalistik. Harapannya, pelatihan ini dapat memotivasi peserta untuk berkontribusi dalam menyebarkan informasi yang akurat, relevan, dan bermanfaat bagi pembaca.

Dalam pelatihan perdana ini, terdapat dua materi yang disampaikan. Materi pertama yakni Jurnalistik Dasar yang dibawakan oleh Ilham Lazuardi, Pemimpin Redaksi Selaswara, dan materi kedua Teknik Reportase oleh Khalqinus Taaddin, Jurnalis Malang Posco Media.

Ilham membagikan ilmu dan pengalamannya tentang dasar-dasar jurnalistik seperti sejarah, struktur berita, piramida terbalik, juga hal-hal lain terkait jurnalistik dasar. Sedangkan Taaddin, sebagai jurnalis yang telah lama malang-melintang, membahas teknik wawancara, etika jurnalistik, serta tips dan trik saat sedang reportase dengan menarik dan mudah dipahami.

Peserta pelatihan cukup antusias mengikuti pelatihan perdana yang disampaikan oleh kedua pemateri. Mereka juga aktif bertanya dan berdiskusi mengenai berbagai hal terkait jurnalistik. Salah satu peserta, Imam, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi dirinya yang ingin mendalami dunia jurnalisme.

“Senang sekali bisa mengikuti pelatihan ini. Saya mendapatkan banyak ilmu baru tentang jurnalistik yang sebelumnya saya tidak tahu,” ujar Imam.

Mini Workshop ini diharapkan menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Selaswara sebagai bentuk komitmen mereka dalam memajukan literasi dan media bagi semua orang. Ilham, selaku Pemimpin Redaksi Selaswara juga berencana untuk mengadakan pelatihan-pelatihan lanjutan yang lebih mendalam tentang jurnalistik di masa depan.

“Ke depan, kami akan mengadakan pelatihan-pelatihan yang tidak kalah menarik. Ada pelatihan Jurnalisme Sastrawi dari teman-teman Pantau, pelatihan Jurnalisme Data, juga Jurnalisme Invetigasi dari teman-teman yang telah berkecimpung di sana,” kata Ilham.

Ilham juga mengapresiasi para peserta yang sudah menyempatkan waktunya untuk mengikuti pelatihan. “Kami juga mengapresiasi antusiasme peserta yang telah mengikuti pelatihan ini dengan baik. Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta dan masyarakat luas.” tutup Ilham, Pemimpin Redaksi Selaswara.